Russian T-80U/UM/UM1/UM2 Main Battle Tank

 

T-72 (kiri) dan T-80 (kanan). Analis Barat dibingungkan oleh keduanya, tetapi sebenarnya T-80 sedikit berbeda.

Pengembangan MBT T-80 dimulai sejak era Soviet, dan mulai beroperasi pada 1976. T-80 adalah tank versi produksi pertama yang dilengkapi dengan mesin gas turbin. Awalnya, Pihak Barat menganggap tank ini adalah T-72, karena keduanya terlihat sama, tetapi sebenarnya mereka berbeda.

Sebenarnya, kedua tank ini diproduksi oleh dua biro desain yang berbeda: T-80 oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau di Kharkiv, Ukraine, dan T-72 oleh Uralvagonzavod (Dzierzhinsky Ural Railroad Car Works) – UVZ, di Nizhny Tagil, Russia. Keduanya hanya mirip dari penampilannya saja.

Dua Generasi dari MBT T-80: Kiri T-80B dan kanan T-84 baru

T-80 adalah turunan langsung dari T-64, yang MBT teknologi tinggi yang didesain oleh Biro Desain Tank di Kharkiv yeng merevolusi konsep tank Soviet. Konsep desain tank baru ini dikembangkan di bawah kepemimpinan Aleksandr A. Morozov, dan T-64 menjadi MBT pertama dari generasi baru tank desain-Soviet. T-64 merupakan tank pertama di dunia yang menggunakan pengisian amunisi otomatis, yang membuatnya hanya membutuhkan 3 orang awak saja: komandan, penembak dan pengemudi.

T-64 menjadi landmark bagi sejarah pengembangan tank di Uni Soviet, karena semua tank seri-T Soviet yang beroperasi setelah T-64 (terutama T-80, T-80U dan pengembangan selanjutnya) dipengaruhi oleh konsep awal yang dikenalkan pada desain tang T-64.

Tidak seperti T-72, T-64 hanya digunakan oleh angkatan bersenjata Uni Soviet dan tidak pernah diekspor. T-64 lebih superior dari T-72 dalam berbagai hal, sampai diperkenalkannya model T-72B pada 1985. Kedua Tank dipakai oleh formasi elite dan regular di Eropa Timur dan diberbagai Negara. Model T-64A pertamakali di dipakai oleh East Germany’s Group of Soviet Forces in Germany (GSFG) pada 1976 dan kemudian oleh in Hungary’s Southern Group of Forces (SFG).

Dari 1981 T-64B mulai diluncurkan di Jerman Timur dan kemudian di Hungaria. Sementara dipercaya bahwa T-64 hanya digunakan untuk unit elite, tetapi tank ini juga dipakai oleh fomasi “non-ready” yang berkasta lebih rendah, sebagai contoh Odessa Military District’s 14th Army. T-72 mempunyai sejarah pemakaian yang similar, dipakai oleh formasi berkesiapan tinggi di seluruh Distrik Militer Barat (Rogachev Guards Motorized Rifle Division in the Belarus MD and Iron Division’s Motorized Rifle Division in the Carpathian MD) dan Eropa Timur (Central Group of Forces in Czechoslovakia), serta dipakai juga oleh formasi dengan kesiapan lebih rendah di Distrik Militer Transbaikal dan Asia-Tengah sejak akhir 1980an.

T-64A merupakan pengembangan lanjut dari T-64 dengan pemasangan meriam utama smoothbore 125mm (1969), pengembangan system mesin dan gigi gerak mesin. T-64B merupakan pengembangan dari T-64A dengan pemakaian system kontrol penembakan yang lebih canggih, stabilizer persenjataan, sistem misil kendali (peluru kendali), peningkatan level perlindungan dan lain-lain. T-64BV mempunyai semua pengembangan itu ditambah perlindungan anti-radiasi canggih dan penambahan lapis baja reaktif-eksplosif.

Dari kiri ke kanan: T-64A, T-64B dan T-64BV.

Fitur canggih lainnya termasuk proteksi multi-layer canggih, sistem proteksi NBC, layout baru kompartemen “power pack”, control penembakan otomatis yang lebih canggih dan kemampuan peluncuran/penembakan misil seperti T-64B di 1976. Semua inovasi tadi dipasang pada T-80, termasuk lapis baja komposit mahal.

Corak ini berlanjut pada T-80. Biro Morozov mengembangkan desain sebelumnya dengan mengenalkan mesin gas turbin yang mampu menghasilkan 1.000 tenaga kuda di model originalnya. Mesin ini memberikan rasio tenaga-ke-berat yang tinggi dan membuatnya menjadi salah satu tank dengan mobilitas terbaik di dunia, yang kemudian membuatnya dijuluki “flying tank”. Pada varian T-80 selanjutnya, mesin turbin gas digantikan oleh mesin diesel untuk mengurangi biaya perawatan. Antara 1976 hingga sekarang, T—80 telah mengalami berbagai modifikasi termasuk T-80, T-80B, T-80U (U merupakan Y dalam alphabet cyrilic yang berarti “improved (dikembangkan)), dan T-80UD (D berarti mesin diesel).

VARIAN


T-80B (kiri), T-80UM (tengah), and T-80UK (kanan) Main Battle Tanks.

T-80 – Model produksi sama yang, merupakan sebuah T-64 yang dilengkapi dengan mesin gas turbin GDT-1000 yang menghasilkan 1,100 hp (820 kW)
T-80B – Dengan lapis baja keramik baru.
T-80BV – Dengan lapis baja reaktif-eksplosif.
T-80U (1985) – Turret baru. Penambahan ATGM AT-11 Sniper. Mesin GTD-1250 dengan tenaga 1,250 hp (930 kW). Dan penambahan lapis baja reaktif-eksplosif Kontakt-5.
T-80UD – Versi mesin-diesel Ukraina dengan mesin 6TD bertenaga 1,000 hp (750 kW (diekspor kePakistan).
T-80UK, T-80UDK – Versi komando dari T-80U, dilengkapi dengan Shtora Electro-optical countermeasures system.
T-80UM – Versi Rusia, dengan penjejak termal Buran baru bersama dengan Luna IR.
T-80UM1 “Bars” (Snow Leopard) – Purwarupa Rusia dengan sistem countermeasures Arena baru, upgrade dengan meriam utama 2A46-M4, dan mesin GTD-1250G.
T-80UM2 “Chiorny Oriol” (Black Eagle) – Purwarupa Rusia dengan Turret baru yang memisahkan antara awak dengan kompartemen amunisis, panel blow-out di kompartemen amunisi, autoloader baru, Kaktus ERA, sistem penargetan baru, extended hull dengan roda jalan tambahan, dan pengembangan lain yang dirahasiakan
T-84 – Pengembangan oleh Ukraina dari T-80UD.
T-84 Oplot – Pengembangan oleh Ukraina, berdasarkan T-80UD, dengan fitur canggih seperti: all-welded turret baru; generasi baru lapis baja reaktif-eksplosif yang meningkatkan perlindungan terhadap serangan frontak kinetic maupun kimiawi; penjejak imaging termal; dan mesin 1,200 hp.
T-84 Yatagan – Pengembangan lanjut oleh Ukraina, berdasarkan MBT T-84 Oplot, dilengkapi dengan meriam smoothbore 120mm yang kompatibel dengan amunisi NATO 120 mm, yang didukung dengan loader otomatis “bustle-mounted”.

T-80U MBT

T-80 muncul sebagai model produksi pada 1984, mempertahankan fitur dasar dari seri T-64 (termasuk meriam 125mm smoothbore dengan autoloader. Inovasi utama yang dilakukan adala penggunaan mesin gas turbin, yang meningkatkan kecepatan dan kekuatan, dan merupakan tank pertama yang memakai rangefinder laser yang meningkatkan kinerja control penembakan. T-80 menggabungkan fitur dasar baik milik T-64 dan T-72, terutama di persenjataan. Perbedaan yang paling kentara jika dibandingkan dengan T-72 standar adalah pemasangan skirt samping dan 12 launcher granat yang terpasang di turret, tujuh di sisi kiri dan lima di sisi kanan.

Firepower

T-80U(M) merupakan tank produksi Soviet pertama yang memakai range finder laser dan sistem computer balistik. Sistem penglihatan malam original adalah Il Buran-PA (800-1300 meter). Senapan Mesin 12.7-mm MG NSVT memiliki dua pembidik yang dijalankan secara elektornik (remote) PZU-5 dan K10-T reflex sight yang terpasang di senapan. Mode penglihatan malam tidak dapat digunakan untuk meluncurkan ATGM. Penglihatan siang dapat digunakan untuk menembakkan ATGM di malam hari jika target illuminated (berpendar, bercahaya, disinari). Berbagai macam penjejak termal tersedia, termasuk Agava-2 buatan Rusia, ALIS produksi SAGEM Perancis dan penjejak Namut dari Peleng. Penjejak termal tersedia untuk dipasang yang sehingga tank mampu meluncurkan ATGM di malam hari.

T-80U membawa sistem misil (peluru) kendali anti-tank 9M119 Refleks (NATO: AT-11 Sniper) yang ditembakkan melalui meriam utama. Jarak tembak misil ini 100-4.000 m. Sistem ini diperuntukkan untuk menembak sasaran tank yang memakai ERA (Lapis baja Reaktif-Eksplosif) dan juga target udara rendah seperti helicopter dengan jarak hingga 5km. Sistem misil ini menembakkan misil 9M119 dan 9M119M, yang memiliki kendali sinar laser semi-otomatis.

T-80 yang sedang menembak

T-80U (dan model selanjutnya) memakai meriam utama 125mm 2A46M-1/2A46M-4 smoothbore, walaupun sistem kontorl penembakannya merupakan peningkatan dari tank sebelumnya. Meriam 125 mm ini menembakkan amunisi APFSDS, HEAT, dan HEF, serta sanggup membawa 45 amunisi (dari total tersebut, 28 disimpan di carousel auto-loader), dengan sasaran maksimal 3,000 – 4,000 meter (tergantung pada tipe amunisi), dengan kecepatan tembak 6 hingga 8 per menit. Pengisian amunisi dilakukan dengan cara hydro-mekanis dengan container carousel berkapasitas 28 amunisi.

Meriam utama 125 mm ini juga dapat menembakkan 9M119M “Refleks-M” (AT-11 Sniper-B) ATGM, dengan jarak 5.000 m.

Proteksi

T-80U memiliki lapis baja komposit canggih di bagian depan dan samping, dan bagian depan, samping dan atas di belakang Kontakt-5 ERA (T-80U, U(M), UK) atau Arena APS (T-80UM1). Pilihan modernisasi untuk T-80U MBT (contoh paling terkenal adalah T-80UM1 “Bars” (Snow Leopard)) termasuk pemasangan purwarupa Arena APS, Shtora-1 EOCMDAS atau komponennya, meriam utama 2A46-M4 yang diupgrade, mesin GTD-1250G, dan pemasangan sebuah AC.

Kontakt-5 adalah lapis baja reaktif-eksplosif generasi ketiga milik Rusia. Ini merupakan tipe pertama ERA yang dapat mengalahkan amunisi APFSDS modern. Dikenalkan dalam T-80U pada 1985, Kontakt-5 dibuat dalam bentuk batu bata dari bahan eksplosif yang di”sandwiched” di antara dua plat metal. Plat-plat metal ini disusun sedemikian rupa untuk bergerak ke samping dengan cepat ketika bahan eksplosif terdetonas. Hal ini akan menekan penetrator-KE (Energi Kinetik) atau “shaped charge jet” sehingga mengurangi kerusakan. Penetrator-KE juga akan terkena gaya gerak ke samping yang sangat kuat, yang cukup untuk menghancurkan batang amunisi (rod) menjadi dua atau lebih. Hal ini akan mengurangi kemampuan penetrasi penetrator-KE secara signifikan. Countermeasure lain termasuk “quieter running”, turbun gas yang mengeluarjan gas tanpa asap, isolator panas yang lebih baik pada atap dan palka, ventilasi sistem transmisi-mesin dan sistem penembakan asap.

Mobilitas

T-80 adalah tank operasional milik Soviet pertama yang memakai mesin gas-turbin yang menghasilkan 1.100 hp. Jarak antar roda (road wheel) tank tidak sama, dengan jarak berbeda di antara ketiga pasang roda. Untuk menambah jarak operasional T-80, tangki bahan bakar tambahan dipasang di bagian belakang hull. Yang bisa dilepas dengan cepat jika diperlukan. Sebuah container sirkular yang terpasang di bagian belakang turret membawa dua snorkel untuk operasi penyeberangan air dalam.

T-80U mempunyai mobilitas tinggi, menjadikannya salah satu MBT tercepat di dunia

T-80U menggunakan mesin gas turbin GTD-1250. Mesin satu langkah di depan mesin sebelumnya GTD-1000T dan GTD-1000TF yang digunakan oleh T-80 seri sebelumnya. Mesin gas turbin ini dapat memakai bahan bakar jet, sama baiknya dengan memakai diesel dan gasoline oktan-rendah. Mesin ini memiliki stabilitas dinamis, service life dan reliabilitas yang baik. Mesin gas-turbin GTD-1250 sistem otomatis built-in untuk menghilangkan tumpukan debu.

Mesin terbaru – GTD-1250G – juga memiliki vitur mekanisme “hydro volume turning” yang mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 9% ketika meningkatkan kecepatan rata-rata 29%.

T-80UK – Command Tank

T-80UK memiliki kemampuan komando dan control untuk komandan lapangan dan mampu berkomunikasi dengan komando superior. Tank ini similar dengan T-80U tetapi mempunyai beberapa fitur tambahan. Tank ini dipasangi dengan sistem countermeasure Shtora-1 yang juga dipasang pada tank T-90. Shtora-1 diproduksi oleh Electronintorg dari Russia. Sistem ini termasuk jammer inframerah, sistem peringatan laser, sistem peluncuran granat dan sistem kontrol berbasis computer.

Tank ini memiliki antenna simetris kombinasi untuk komunikasi UHF dan HF. Antena ini menambah jarak komunikasi saat tank diam hingga 40km untuk radio R-163-50U dan 350 km untuk radio R-163-50K. Sebuah generator bensin AB-1-P28 1kW dipakai untuk menyalakan sistem komunikasi ketika tank diam. T-80UK juga memiliki sistem control penembakan yang lebih canggih, autoloader meriam utamanya, built-in turret ERA (Explosive Reactive Armour) dan bantuan navigasional TNA-4-3.

Specifications




T-80UD MBT

MBT T-80UD

MBT T-80UD didesain oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau – KMBD pada awal tahun 1980an dan mulai diproduksi di State Enterprise Malyshev Plant pada 1985. KMBD adalah perusahaan milik Negara yang berlokasi di Kharkiv, Ukraina, yang telah mendesain banyak tank terkenal Soviet. Perusahaan ini bertanggung jawab untuk banyak desain tank terkrnal Soviet termasuk seri tank BT, T-34, T-55 dan T-64. Kemudian perusaan ini memproduksi tank canggih berkualitas setelah T-64 seperti T-80 dan variannya. Dan kemudian memproduksi MBT seri T-84.

Firepower

T-80UD dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan canggih, dan baik komandan tank maupun penembak dapat mengatur dan menembakkan meriam utama ke arah target diam maupun bergerak pada saat tank diam maupun bergerak dengan kemungkinan tinggi tembakan pertama mengenai sasaran.

Sistem pengamat dan observasi PNK-4S milik komandan tank terdiri dari kombinasi penglihatan siang/malam dan sensor posisi meriam TKN-4S. Sistem kombinasi TKN-4S distabilkan secara vertikal dan mempunyai 3 saluran: sebuah saluran penglihatan siang, saluran penglihatan siang dengan pembesara n 8x dan saluran penglihatan malam dengan pembesaran 8x.

Sistem pengamatan Penembak 1G46 mempunyai dua poros garis pandang tersabilisasi, serta mempunyai pelacak-jarak laser dan kemampuan pengendali misil. Pada versi standar, penembak mempunyai sistem pengamatan TO1-KO1E dengan sistem intensifikasi gambar TPN-4E, tetapi sebagai opsi sistem pencitraan termal Buran-Catherine-E dapat dipasang.

Komputer balistik 1V528-1 secara otomatis memperhitungkan semua data dari sensor-sensor termasuk kecepatan tank, kecepatan target angular, gun trunnion axis cant, kecepatan angin haluan, jarak target dan sudut lintasan. Sebagai tambahan, parameter berikut diinput secara manual: temperatur udara sekitar, temperatur beban dan tekanan udara sekitar laras meriam dan lain-lain. Komputer juga memperhitungkan kapan waktu fagmentasi proyektil berdaya ledak tinggi yang dikontrol detonasi harus diledakkan pada target.

Persenjataan utama terdiri dari sebuah meriam smoothbore KBA3 125mm yang didukung oleh pengisi amunisi otomatis tipe-karosel dan dilengkapi dengan dengan sebuah pelindung termal (thermal sleeve) dan ekstraktor asap (bore evacuator). Meriam utama tank ini mempunyai laras pengganti-cepat yang dapat diganti di medan perang tanpa melepas meriam dari tank. Meriam ini dipasang pada MBT milik KMBD, T-84 Oplot dan T-80UD. Berat meriam mencapai 2.500 kg dan kecepatan proyektil 1.700 m/s ketika menembakkan 3VBM17 “Mango” APFSDS.

T-80UD membawa 45 amunisi dua-bagian (proyektil dan muatan), yang 28 di antaranya diletakkan pada pengisi amunisi otomatis, dan sisanya disimpan di ruang pengemudi dan kompartemen serang. Tipe amunisi yang dapat ditembakkan oleh tank ini termasuk APFSDS (armor-piercing stabilized discarding sabot), HEAT (high explosive anti-tank), HE-FRAG (high explosive fragmentation) dan 9M119M “Refleks-M” (AT-11 Sniper-B).

Fungsi sistem 9M119M “Refleks-M” adalah untuk membuat meriam utama dapat menembakkan misil berpemandu laser dengan jarak maksimal 5.000 m. Misil ini terdiri dari dua bagian. Misil dapat ditembakkan ketika tank maupun target bergerak. Hulu ledak tandem membuat misil dapat menembus target yang dilengkapi dengan lapis baja reaktif-eksplosif dengan derajat efisiensi tinggi. Walaupun funsgi utama misl adalah untuk target tank maupun kendaraan lapis baja lain yang jaraknya diluar jarak efektif amunisi konvensional, misil ini juga dapat ditembakkan ke target lain seperti helikopter dan lubang-lubang perlindungan.

Disamping meriam utama, T-80UD juga dilengkapi dengan senapan mesin koaksial 7,62mm dan senapan mesin anti-pesawat 12,7mm. Senapan mesin anti-pesawat ini dipasang di kubah komandan dan dapat dipakai untuk sasaran udara maupun darat. Senapan mesin dapat dinaik-turunkan -5° to +70° dan diputar 75° ke kanan-kiri, atau dapat diputar +360° bersamaan dengan kubah tank. Senapan mesin dipasangi dengan sistem stabilisasi vertikal yang memberikan stabilitas pada jarak sudut vertikal -3° hingga +20°.

Proteksi

Proteksi lapis baja T-80UD, yang terdiri dari lapis baja multi-lapis canggih dan paket lapis baja reaktif-eksplosif untuk kubah dan sasis, membuat T-80UD memiliki tingkat survivabilitas medan perang yang tinggi. T-80UD dapat menyamarkan diri di medan pertempurang dengan membuat layar asap/aerosol. Empat peluncur granat asap elektrik terpasang di kedua sisi kubah.

T-80UD juga dapat menghasilkan layar asap sendiri dengan jara menginjeksi bahan bakar diesel ke knalpot (menggunakan engine smoke emitter). Untuk mengurangi jejak termal di medan pertempuran, kompartemen mesin bagian atas dipasangi dengan isolator panas spesial

Mobilitas

T-80UD bermesin diesel 6-silinder 6TD-1 yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda. Inlet udara pada mesin membuat udara dapat dialirkan dari lingkungan yang sangat berdebu dan tank dapat melintasi air dengan kedalaman 1,8m tanpa persiapan. Tank ini mempunyai dua sistem filtrasi udara, yaitu pra-pembersih sentrifugal dan selubung pembersih udara. Sistem filtrasi udara ini membuat tank dapat beroperasi pada lingkungan panas dan berdebu sejauh 1.000 km tanpa pergantian filter dan dapat tetap bertempur pada lingkungan radioaktif.

Suspensinya bertipe batang torsi dengan tiap sisinya mempunyai enam roda dual rubber-tyred road dengan roda tetap di depan, drive sprocket di belakang dan track support rollers. Bagian atas suspensi ditutupi oleh skirt, dengan bagian depannya berlapis baja (dipasangi lapis baja reaktif-eksplosif). Sebuah karpet karet tergantung di bagian depan tank dan membuat debu tetap turun.

Fitur-Fitur Lain

Peralatan standar MBT T-80UD juga terdiri dari sistem NBC, per lengkapan untuk melintasi perairan dalam, sistem deteksi dan pemadam kebakaran, tameng radiasi dan bilah dozer yang terpasang di hull depan bagian bawah. Sistem NBC melindung awak dan peralatan dalam tank dari efek ledakan nuklir, debu radioaktif, agen beracun dan materi bekteriologis.

Peralatan khusus membuat tank dapat melintasi air dengan kedalaman 5m (kedalaman 1,8m dapat dilintasi tanpa peralatan dan persiapan khusus). Sistem deteksi/pemadam kebakaran membuat kebakaran baik di kompartemen awak maupun mesin dapat segera dideteksi dan dipadamkan. Tameng radiasi didesain dalam bentuk garis tegas di bagian permukaan dalam dan luar tank.

Bilah dozer membuat tank dapat membuat caponier (semacam lubang perlindungan) tank dalam waktu 15-40 menit tergantung tipe tanah. T-80UD juga dapat dipasangi dengan berbagai macam sistem pembersih ranjau di bagian depan hull termasuk sistem tipe-pembajak KMT-6 dan sistem tipe-penggilas KMT-7. Dua tangki bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh dan balok “unditching” dapat dipasang di hull belakang

MBT T-80UD dioperasikan di Ukraina, Rusia dan Pakistan.

T-84 OPLOT MBT

T-84 Oplot Main Battle Tank

Purwarupa pertama MBT T-84 selesai dibuat pada 1994, dan kemudian beberapa purwarupa juga diproduksi. Purwarupa-purwarupa tersebut dibuat untuk pengujian ekstensif baik di fasilitas Biro Desain Kharkiv Morozov Machine Building dan dengan Angkatan Darat. Hanya setelah suksesnya program pengujian ekstensif ini pada pertengahan 1990an, T-84 mulai beroperasiu dengan Angkatan Darat Ukraina pada 1999.

MBT T-84 Oplot adalah hasil dari pengembangan MBT berkelanjutan yang dilakukan oleh Biro Desain Kharkiv Morozov Machine Building yang merupakan otoritas desain tertinggi di Ukraina untuk peralatan tempur lapis baja.

Tampilan keseluruhan MBT T-84 Oplot adalah konvensional, dengan kompartemen pengemudi di depan, kompartemen tempur di tengah dan kompartemen mesin di belakang. Pengemudi duduk di tengah dan mempunyai penutup palka satu-bagian yang terangkat dan berayun ke kanan. Di depannya terdapat tiga periskop yang menghadap ke depan, dan salah satunya yang berada di tengah dapat diganti dengan peralatan pengemudi malam hari. Terdapat sebuah palka darurat di lantai hull, di belakang pengemudi.

Komandan tank duduk di sebelah kanan, dan penembak di sebelah kiri. Keduanya mempunyai palka atap satu-bagian.

MBT T-84 Oplot dikembangkan dari T-80UD, yang mempunyai fitur yang kebih baik yaitu:
– Turret “all-wellded” baru
– Lapis baja reaktif-eksplosif generasi baru yang memberikan proteksi lebih dari energi kinetik dan kimia akibat serangan frontal.
– Pencitraan termal
– Mesin 1.200 tenaga kuda yang lebih baik dari pada T-80UD (1.000 tenaga kuda)
– Digitalisasi paket elektronik terkait dengan sistem kontrol-penembakan.
– Sistem countermeasure optronic
– Unit tenaga tambahan
– Sistem acuan laras meriam
– Sistem navigasi
– Skirt yang diperluas untuk memberikan perlindungan tambahan pada hull bagian samping dan komponen roda tank dari serangan misil anti-tank pasukan infantri musuh.

Dua tampilan MBT T-84 , Kiri: T-84 versi awal, Kanan: T-84 Oplot versi baru

T-84 Oplot adalah mesin tempur yang sangat efisien untuk mencapai misi karena memberikan daya serang mobile terproteksi di semua tipe lingkungan. T-84 Oplot sangat terlindungi, mempunyai mobilitas yang bagus, dan mampu dalam misi tempur jarak jauh 24 jam di semua kondisi cuaca.

T-84 YATAGAN MBT

Foto: MBT T-84 Yatagan, dari: www.fprado.com

MBT T-84 Yatagan (yang juga dikenal sebagai KERN2-120 – nama untuk purwarupanya – atau T-84e-120) dikembangkan dari MBT T-84 Opot, memakai solusi teknis yang dikembangkan selama modernisasi MBT T-72-120. Keduanya adalah produk dari Biro Desain Kharkiv Morozov Machine Bulding di Kharkiv, Ukraina. MBT T-84 Yatagan memakai sistem kontrol penembakan yang diturunkan dari T-84 Oplot dan diadaptasikan dengan persenjataan baru. Fitur spesifik utama tank ini adalah meriam smoothbore 120mm dengan laras plat krom, yang kompatibel terhadap amunisi standar NATO, dan mempunyai kemampuan untuk menembakkan peluru kendai 120mm. Meriam ini didesain dan diproduksi di Ukraina.

Level proteksi MBT ini sama dengan T-84 Oplot, demikian juga dengan mobilitasnya.

Spesifikasi MBT T-84 Yatagan

Diterjemahkan secara bebas dari: www.fprado.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *